Rabu, 07 September 2011

TITIK-TITIK POKOK PERGUMULAN KONSEP KESELAMAATAN DI LINGKUNGAN BAPTIS DI ABAD KE-20 DAN 21


Oleh : Ranto

BAB I

PENDAHULUAN

Pembahasan “Titik-Titik Pokok Pergumulan Konsep Keselamatan di Lingkungan Baptis di Abad Ke-20 dan 21” pada bab pertama paper ini mengetengahkan sejumlah sub bahasan yang menjadi kerangka dasar dan pengarah bagi pembahasan secara mendalam terhadap topic di atas. Sub-sub bahasan yang merupakan elemen dasar dalam bab ini antara lain pembahasan mengenai Latar Belakang Masalah berikut identifikasi mengenai focus permasalahan serta deskripsi seputar topic dan gambaran mengenai isu-isu aktualnya; Rumusan Masalah; Tujuan Pembahasan; Sistematika Penulisan. Semua sub bahasan ini sekaligus merupakan garis besar rangkaian sistematis yang merupakan kerangka dasar logis dari pembahasan paper ini.

Latar Belakang Masalah

Mencermati perkembangan teologi di kalangan Baptis dunia dewasa ini, secara khusus menyangkut “Titik-Titik Pokok Pergumulan Konsep Keselamatan di Lingkungan Baptis di Abad Ke-20 dan 21”, pada satu sisi hal ini bukanlah kenyataan atau hal baru yang timbul di rentang dua abad tersebut. Penelusuran terhadap sejarah mengenai titik-titik pokok pergumulan konsep keselamatan diatara kaum Baptis sudah dapat diidentifikasi sejak abad ke-17, tepatnya tahun 1664, ketika dikeluarkan London Confession of Faith untuk membedakan golongan Baptis Khusus (yang bercorak Calvinis) dari Baptis Umum (yang bercorak Arminianis) dan Anabaptis.[1] Titik-titik pokok pergumulan doktrin keselamatan ini terutama terkait dengan dua corak besar teologi yang sangat berpengaruh dalam sepanjang sejarah gereja Kristen pasca Reformasi hingga kini, yakni Calvinisme dan Arminianisme. Keadaan ini memicu perbedaan pandangan dalam elemen-elemen tertentu dalam doktrin keselamatan sehingga menghasilkan dua golongan Baptis di atas: Baptis Umum (General Baptist) dan Baptis Khusus (Particular Baptist).[2] Golongan Baptis Umum yang dimulai oleh John Smyth, secara historis dipengaruhi oleh pandangan-pandangan kaum Anabaptis, percaya bahwa Kristus mati untuk semua orang (kontra limited atonement), sehingga bercorak Arminianism. Sedangkan golongan Baptis Khusus yang muncul kemudian memiliki keyakinan bahwa Kristus mati untuk orang-orang terpilih berdasarkan keputusan Allah yang sudah ditetapkan sejak dalam kekekalan, sehingga bercorak Calvinis.[3]

Sementara itu, New Hampshire Declaration (1833) lahir dari pergumulan dialektis antara doktrin keselamatan dengan dua corak/pandangan teologi tersebut (Calvinisme dan Armenianisme) di kalangan Baptis. Dalam tinjauan historis, deklarasi tersebut merupakan bentuk dari usaha menguatkan kembali doktrin Calvinisme (secara khusus dalam doktrin keselamatan) sebagai sanggahan terhadap golongan “Free-Will Baptists” yang sangat menekankan ajaran Arminianisme mengenai pilihan bebas.[4]

Sekalipun demikian, berbagai kalangan (secara khusus dalam lingkungan kaum Baptis) umumnya menyatakan bahwa titik-titik pergumulan dalam doktrin keselamatan kaum Baptis tidak terjadi dalam tingkat konvensi (atau antar konvensi). Umumnya hal itu terjadi dalam tingkat gereja local, atau jemaat, atau kelompok-kelompok di bawah konvensi. Dengan kata lain, isu-isu pergumulan dan permasalahan tidak lahir atau merupakan implikasi dari pandangan antar konvensi yang berbeda. Meskipun ada corak-corak doktrin keselamatan dalam kalangan Baptis yang lebih condong kepada salah satu corak teologi di atas – atau sebaliknya, namun konvensi sendiri tidak secara resmi/eksplisit menyatakan afiliasi terhadap corak tersebut.[5] Meskipun begitu, Pengakuan Iman Baptis 1689, atau yang juga dikenal sebagai Second London Confession of Faith (1689) yang sebagian besar mengadopsi Pengakuan Iman Westminster sangat bercorak Calvinis.[6] Charles W. Cole menyebut golongan Baptis khusus (Particular Baptis) sebagai golongan atau gereja-gereja Calvinis.[7] Tahun 1774 pengakuan iman ini dipakai oleh gereja-gereja Baptis Amerika Utara, dan disebut sebagai Pengakuan Iman Philadelphia.[8]

Ini dapat berarti dua hal, pertama, hal ini merupakan perluasan konsep keselamatan dari asas kepercayaan konvensi, terutama ketika sampai pada tingkat detail dan isu-isu problematic dan paradoksnya. Kedua, ketiadaan kredo ataupun panduan dogma baku sehingga setiap orang yang membangun konsep dari Alkitab (yang pada satu sisi “bukan barang jadi”) menghasilkan tafsiran yang membuka ruang untuk berayun dalam spectrum yang luas, menyentuh kedua aliran besar di atas.

Permasalahan lanjutan timbul menjadi isu-isu pergumulan di atas – dan tidak dapat dihindari, oleh karena ketika konsep itu menjangkau dan masuk lebih detail dan dalam sampai pada tingkat-tingkat paradox dan isu problematic, sedangkan tidak ada kredo yang menjadi panduan rinci, lalu berayun dalam spectrum yang luas hingga mengambil wilayah dua aliran tersebut (Calvinisme-Arminianisme), maka muncul problem-problem kontradiktif dalam berbagai unsur/elemen dalam doktrin keselamatan, yang sepertinya tidak dapat saling bertemu. Hal ini terjadi, karena secara umum dapat dikatakan bahwa perspektif dasar dalam elemen-elemen utama konsep soteriologis dari dua aliran teologi tersebut saling beroposisi.[9]

Elemen-elemen dalam konsep soteriologi kaum Baptis yang menjadi titik-titik pergumulan polemis sebagai pengaruh dari dua aliran teologi di atas terutama menyangkut lima pokok dalam doktrin keselamatan, baik Calvinisme maupun Arminianisme[10]; mengenai predestinasi; kedaulatan Allah dalam keselamatan dan tanggung jawab manusia; mengenai pilihan terbatas; mengenai keberdosaan manusia dan kaitannya dengan peran manusia untuk menanggapi tawaran keselamatan Allah, termasuk kaitannya dengan kehendak bebas; dan mengenai keselamatan yang bersifat tetap dan kekal. Diskusi-diskusi teologis mengenai hal ini dalam kalangan Baptis menyebut keadaan ini sebagai “gamut”[11] dalam pandangan Baptis mengenai keselamatan dari pandangan Calvinis dan Arminianis.[12]

Rumusan Masalah

Mencermati latar belakang dan pemaparan masalah di atas, maka berikut ini penulis merumuskan isu-isu mendasar sebagai rumusan masalah, dalam pertanyaan-pertanyaan penelitian sebagai berikut:

1. Bagaimana gambaran umum (overview) konsep keselamaatan di lingkungan Baptis di abad Ke-20 dan 21?

2. Apakah yang merupakan titik-titik pokok pergumulan konsep keselamatan di lingkungan Baptis di abad Ke-20 dan 21?

3. Bagaimana analisa material terhadap titik-titik pokok pergumulan konsep keselamatan di lingkungan Baptis di abad Ke-20 dan 21?

Tujuan Pembahasan

Adapun tujuan pembahasan topic sebagaimana diuraikan di atas adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengetahui gambaran umum (overview) mengenai konsep keselamatan di lingkungan Baptis di abad ke-20 dan 21.

2. Untuk memahami pokok-pokok pergumulan konsep keselamatan di lingkungan Baptis di abad ke-20 dan 21.

3. Untuk mendapatkan analisa material terhadap pokok pergumulan konsep keselamatan di lingkungan Baptis di abad ke-20 dan 21.

Sistematika Penulisan

Secara keseluruhan pembahasan topic di atas dalam paper ini terdiei dari empat bab, yang secara garis besar tersaji dalam garis sistematika pembahasan sebagai berikut:

Bap I merupakan pendahuluan yang memuat sejumlah kategori yang merupakan kerangka umum pembahasan paper ini;

Bab II membahas mengenai gambaran umum (overview) konsep keselamaatan di lingkungan Baptis di abad Ke-20 dan 21, dan identifikasi terhadap titik-titik pokok pergumulan konsep keselamatan di lingkungan Baptis di abad Ke-20 dan 21;

Bab III merupakan analisa material terhadap titik-titik pokok pergumulan konsep keselamatan di lingkungan Baptis di abad Ke-20 dan 21; dan

Bab IV Penutup, lalu diakhiri dengan Daftar Kepustakaan.


BAB II

Titik-Titik Pokok Pergumulan Konsep Keselamatan di

Lingkungan Baptis di Abad Ke-20 dan 21

Orientasi yang hendak dicapai melalui pembahasan dalam bab dua ini secara garis besar meliputi dua bagian, pertama: mengetengahkan deskripsi mengenai selayang pandang tentang konsep keselamatan di lingkungan Baptis. Mengenai hal ini materi terutama akan merujuk pada konvensi-konvensi yang merupakan asas-asas resmi dalam kepercayaan Baptis. Bagian kedua, mengidentifikasi dan membahas titik-titik pokok pergumulan dalam konsep keselamaatan di lingkungan Baptis, terutama situasi dan perkembangan aktualnya pada abad ke-20 dan 21 ini. Mengenai hal ini materi yang menjadi acuan terutama merujuk pada buku-buku yang membahas topic dan isu-isu tersebut dewasa ini, dan juga yang muncul dalam wacana-wacana diskusi dewasa ini, termasuk ulasan-ulasan di internet.

Overview Mengenai Doktrin Keselamatan Baptis

Bagian berikut merupakan kutipan mengenai konsep/doktrin keselamatan dari beberapa Pengakuan Iman Baptis yang berlaku secara umum, dan menjadi pedoman asas-asas kepercayaan atau doktrin kaum Baptis di berbagai tempat di dunia.

Petikan Dari Baptist Confession of Faith in 1689[13]

(The London Baptist Confession of Faith of 1689)

Chapter 3: Of God's Decree

1 God hath decreed in himself, from all eternity, by the most wise and holy counsel of his own will, freely and unchangeably, all things, whatsoever comes to pass; yet so as thereby is God neither the author of sin nor hath fellowship with any therein; nor is violence offered to the will of the creature, nor yet is the liberty or contingency of second causes taken way, but rather established; in which appears his wisdom in disposing all things, and power and faithfulness in accomplishing his decree. (Isa. 46:10; Eph. 1:11; Heb. 6:17; Rom. 9:15, 18; James 1:13; 1 John 1:5; Acts 4:27, 28; John 19:11; Num. 23:19; Eph. 1:3-5)

2 Although God knoweth whatsoever may or can come to pass, upon all supposed conditions, yet hath he not decreed anything, because he foresaw it as future, or as that which would come to pass upon such conditions. (Acts 15:18; Rom. 9:11, 13, 16, 18)

3 By the decree of God, for the manifestation of his glory, some men and angels are predestinated, or foreordained to eternal life through Jesus Christ, to the praise of his glorious grace; others being left to act in their sin to their just condemnation, to the praise of his glorious justice. (I Tim. 5:21; Matt. 25:34; Eph. 1:5, 6; Rom. 9:22, 23; Jude 4)

4 These angels and men thus predestinated and foreordained, are particularly and unchangeably designed, and their number so certain and definite, that it cannot be either increased or diminished. (2 Tim. 2:19; John 13:18)

5 Those of mankind that are predestinated to life, God, before the foundation of the world was laid, according to his eternal and immutable purpose, and the secret counsel and good pleasure of his will, hath chosen in Christ unto everlasting glory, out of his mere free grace and love, without any other thing in the creature as a condition or cause moving him thereunto. (Eph. 1:4, 9, 11; Rom. 8:30; 2 Tim. 1:9; I Thess. 5:9; Rom. 9:13, 16; Eph. 2:5, 12)

6 As God hath appointed the elect unto glory, so he hath, by the eternal and most free purpose of his will, foreordained all the means thereunto; wherefore they who are elected, being fallen in Adam, are redeemed by Christ, are effectually called unto faith in Christ, by his Spirit working in due season, are justified, adopted, sanctified, and kept by his power through faith unto salvation; neither are any other redeemed by Christ, or effectually called, justified, adopted, sanctified, and saved, but the elect only. (1 Pet. 1:2; 2 Thess. 2:13; 1 Thess. 5:9, 10; Rom. 8:30; 2 Thess. 2:13; 1 Pet. 1:5; John 10:26, 17:9, 6:64)

7 The doctrine of the high mystery of predestination is to be handled with special prudence and care, that men attending the will of God revealed in his Word, and yielding obedience thereunto, may, from the certainty of their effectual vocation, be assured of their eternal election; so shall this doctrine afford matter of praise, reverence, and admiration of God, and of humility, diligence, and abundant consolation to all that sincerely obey the gospel. (1 Thess. 1:4, 5; 2 Pet. 1:10; Eph. 1:6; Rom. 11:33; Rom. 11:5, 6, 20; Luke 10:20)

Chapter 9: Of Free Will

1 God hath endued the will of man with that natural liberty and power of acting upon choice, that it is neither forced, nor by any necessity of nature determined to do good or evil. (Matt. 17:12; James 1:14; Duet. 30:19)

2 Man, in his state of innocency, had freedom and power to will and to do that which was good and well-pleasing to God, but yet was unstable, so that he might fall from it. (Eccles. 7:29; Gen. 3:6)

3 Man, by his fall into a state of sin, hath wholly lost all ability of will to any spiritual good accompanying salvation; so as a natural man, being altogether averse from that good, and dead in sin, is not able by his own strength to convert himself, or to prepare himself thereunto. (Rom. 5:6, 8:7; Eph. 2:1, 5; Tit. 3:3-5; John 6:44)

4 When God converts a sinner, and translates him into the state of grace, he freeth him from his natural bondage under sin, and by his grace alone enables him freely to will and to do that which is spiritually good; yet so as that by reason of his remaining corruptions, he doth not perfectly, nor only will, that which is good, but doth also will that which is evil. (Col. 1:13; John 8:36; Phil. 2:13; Rom. 7:15, 18, 19, 21, 23)

5 This will of man is made perfectly and immutably free to good alone in the state of glory only. (Eph. 4:13)

Chapter 10: Of Effectual Calling

1 Those whom God hath predestinated unto life, he is pleased in his appointed, and accepted time, effectually to call, by his Word and Spirit, out of that state of sin and death in which they are by nature, to grace and salvation by Jesus Christ; enlightening their minds spiritually and savingly to understand the things of God; taking away their heart of stone, and giving unto them a heart of flesh; renewing their wills, and by his almighty power determining them to that which is good, and effectually drawing them to Jesus Christ; yet so as they come most freely, being made willing by his grace. (Rom. 8:30, 11:7; Eph. 1:10, 11; 2 Thess. 2:13, 14; Eph. 2:1-6; Acts 26:18; Eph. 1:17, 18; Ezek. 36:26; Deut. 30:6; Ezek. 36:27; Eph. 1:19; Ps. 110:3; Cant. 1:4)

2 This effectual call is of God's free and special grace alone, not from anything at all foreseen in man, nor from any power or agency in the creature, being wholly passive therein, being dead in sins and trespasses, until being quickened and renewed by the Holy Spirit; he is thereby enabled to answer this call, and to embrace the grace offered and conveyed in it, and that by no less power than that which raised up Christ from the dead. (2 Tim. 1:9; Eph. 2:8; 1 Cor. 2:14; Eph. 2:5; John 5:25; Eph. 1:19, 20)

3 Elect infants dying in infancy are regenerated and saved by Christ through the Spirit; who worketh when, and where, and how he pleases; so also are all elect persons, who are incapable of being outwardly called by the ministry of the Word. (John 3:3, 5, 6; John 3:8)

4 Others not elected, although they may be called by the ministry of the Word, and may have some common operations of the Spirit, yet not being effectually drawn by the Father, they neither will nor can truly come to Christ, and therefore cannot be saved: much less can men that receive not the Christian religion be saved; be they never so diligent to frame their lives according to the light of nature and the law of that religion they do profess. (Matt. 22:14, 13:20, 21; Heb 6:4, 5; John 6:44, 45, 65; 1 John 2:24, 25; Acts 4:12; John 4:22, 17:3)

Chapter 11: Of Justification

1 Those whom God effectually calleth, he also freely justifieth, not by infusing righteousness into them, but by pardoning their sins, and by accounting and accepting their persons as righteous; not for anything wrought in them, or done by them, but for Christ's sake alone; not by imputing faith itself, the act of believing, or any other evangelical obedience to them, as their righteousness; but by imputing Christ's active obedience unto the whole law, and passive obedience in his death for their whole and sole righteousness by faith, which faith they have not of themselves; it is the gift of God. (Rom. 3:24, 8:30; Rom. 4:5-8; Eph. 1:7; 1 Cor. 1:30, 31; Rom. 5:17-19; Phil. 3:8, 9; Eph. 2:8-10; John 1:12; Rom. 5:17)

2 Faith thus receiving and resting on Christ and his righteousness, is the alone instrument of justification; yet it is not alone in the person justified, but is ever accompanied with all other saving graces, and is no dead faith, but worketh by love. (Rom. 3:28; Gal. 5:6; James 2:17, 22, 26)

3 Christ, by his obedience and death, did fully discharge the debt of all those that are justified; and did, by the sacrifice of himself in the blood of his cross, undergoing in their stead the penalty due unto them, make a proper, real, and full satisfaction to God's justice in their behalf; yet, inasmuch as he was given by the Father for them, and his obedience and satisfaction accepted in their stead, and both freely, not for anything in them, their justification is only of free grace, that both the exact justice and rich grace of God might be glorified in the justification of sinners. (Heb. 10:14; 1 Pet. 1:18, 19; Isa. 53:5, 6; Rom. 8:32; 2 Cor. 5:21; Rom. 3:26; Eph. 1:6, 7, 2:7)

4 God did from all eternity decree to justify all the elect, and Christ did in the fullness of time die for their sins, and rise again for their justification; nevertheless, they are not justified personally, until the Holy Spirit doth in time due actually apply Christ unto them. (Gal. 3:8; 1 Pet. 1:2; 1 Tim. 2:6; Rom. 4:25; Col. 1:21, 22; Tit. 3:4-7)

5 God doth continue to forgive the sins of those that are justified, and although they can never fall from the state of justification, yet they may, by their sins, fall under God's fatherly displeasure; and in that condition they have not usually the light of his countenance restored unto them, until they humble themselves, confess their sins, beg pardon, and renew their faith and repentance. (Matt. 6:12; 1 John 1:7, 9; John 10:28; Ps. 89:31-33; Ps. 32:5; Ps. 51; Matt. 26:75)

6 The justification of believers under the Old Testament was, in all these respects, one and the same with the justification of believers under the New Testament. (Gal. 3:9; Rom. 4:22-24)

Chapter 12: Of Adoption

All those that are justified, God vouchsafed, in and for the sake of his only Son Jesus Christ, to make partakers of the grace of adoption, by which they are taken into the number, and enjoy the liberties and privileges of the children of God, have his name put upon them, receive the spirit of adoption, have access to the throne of grace with boldness, are enabled to cry Abba, Father, are pitied, protected, provided for, and chastened by him as by a Father, yet never cast off, but sealed to the day of redemption, and inherit the promises as heirs of everlasting salvation. (Eph. 1:5; Gal. 4:4, 5; John 1:12; Rom. 8:17; 2 Cor. 6:18; Rev. 3:12; Rom. 8:15; Gal. 4:6; Eph. 2:18; Ps. 103:13; Prov. 14:26; 1 Pet. 5:7; Heb. 12:6; Isa. 54:8, 9; Lam. 3:31; Eph. 4:30; Heb. 1:14, 6:12)

Chapter 13: Of Sanctification

1 They who are united to Christ, effectually called, and regenerated, having a new heart and a new spirit created in them through the virtue of Christ's death and resurrection, are also farther sanctified, really and personally, through the same virtue, by His Word and Spirit dwelling in them; the dominion of the whole body of sin is destroyed, and the several lusts thereof are more and more weakened and mortified, and they more and more quickened and strengthened in all saving graces, to the practice of all true holiness, without which no man shall see the Lord. (Acts 20:32; Rom. 6:5, 6; John 17:17; Eph. 3:16-19; 1 Thess. 5:21-23; Rom. 6:14; Gal. 5;24; Col. 1:11; 2 Cor. 7:1; Heb. 12:14)

2 This sanctification is throughout the whole man, yet imperfect in this life; there abideth still some remnants of corruption in every part, whence ariseth a continual and irreconcilable war; the flesh lusting against the Spirit, and the Spirit against the flesh. (1 Thess. 5:23; Rom. 7:18, 23; Gal. 5:17; 1 Pet. 2:11)

3 In which war, although the remaining corruption for a time may much prevail, yet through the continual supply of strength from the sanctifying Spirit of Christ, the regenerate part doth overcome; and so the saints grow in grace, perfecting holiness in the fear of God, pressing after an heavenly life, in evangelical obedience to all the commands which Christ as Head and King, in His Word hath prescribed them. (Rom. 7:23; Rom. 6:14; Eph. 4:15, 16; 2 Cor. 3:18, 7:1)

Chapter 14: Of Saving Faith

1 The grace of faith, whereby the elect are enabled to believe to the saving of their souls, is the work of the Spirit of Christ in their hearts, and is ordinarily wrought by the ministry of the Word; by which also, and by the administration of baptism and the Lord's supper, prayer, and other means appointed of God, it is increased and strengthened. (2 Cor. 4:13; Eph. 2:8; Rom. 10:14, 17; Luke 17;5; 1 Pet. 2:2; Acts 20:32)

2 By this faith a Christian believeth to be true whatsoever is revealed in the Word for the authority of God himself, and also apprehendeth an excellency therein above all other writings and all things in the world, as it bears forth the glory of God in his attributes, the excellency of Christ in his nature and offices, and the power and fullness of the Holy Spirit in his workings and operations: and so is enabled to cast his soul upon the truth thus believed; and also acteth differently upon that which each particular passage thereof containeth; yielding obedience to the commands, trembling at the threatenings, and embracing the promises of God for this life and that which is to come; but the principal acts of saving faith have immediate relation to Christ, accepting, receiving, and resting upon him alone for justification, sanctification, and eternal life, by virtue of the covenant of grace. (Acts 24:14; Ps. 19:7-10, 119:72; 2 Tim. 1:12; John 15:14; Isa. 66:2; Heb. 11:13; John 1:12; Acts16:31; Gal. 2:20; Acts 15:11)

3 This faith, although it be different in degrees, and may be weak or strong, yet it is in the least degree of it different in the kind or nature of it, as is all other saving grace, from the faith and common grace of temporary believers; and therefore, though it may be many times assailed and weakened, yet it gets the victory, growing up in many to the attainment of a full assurance through Christ, who is both the author and finisher of our faith. (Heb. 5:13, 14; Matt. 6:30; Rom. 4:19, 20; 2 Pet. 1:1; Eph. 6:16; 1 John 5:4, 5; Heb. 6:11, 12; Col. 2:2; Heb. 12:2)

Chapter 15: Of Repentance Unto Life and Salvation

1 Such of the elect as are converted at riper years, having sometime lived in the state of nature, and therein served divers lusts and pleasures, God in their effectual calling giveth them repentance unto life. (Titus 3:2-5)

2 Whereas there is none that doth good and sinneth not, and the best of men may, through the power and deceitfulness of their corruption dwelling in them, with the prevalency of temptation, fall into great sins and provocations; God hath, in the covenant of grace, mercifully provided that believers so sinning and falling be renewed through repentance unto salvation. (Eccles. 7:20; Luke 22:31, 32)

3 This saving repentance is an evangelical grace, whereby a person, being by the Holy Spirit made sensible of the manifold evils of his sin, doth, by faith in Christ, humble himself for it with godly sorrow, detestation of it, and self-abhorrency, praying for pardon and strength of grace, with a purpose and endeavour, by supplies of the Spirit, to walk before God unto all well-pleasing in all things. (Zech. 12:10; Acts 11:18; Ezek. 36:31; 2 Cor. 7:11; Ps. 119:6, 128)

4 As repentance is to be continued through the whole course of our lives, upon the account of the body of death, and the motions thereof, so it is every man's duty to repent of his particular known sins particularly. (Luke 19:8; 1 Tim. 1:13, 15)

5 Such is the provision which God hath made through Christ in the covenant of grace for the preservation of believers unto salvation; that although there is no sin so small but it deserves damnation; yet there is no sin so great that it shall bring damnation on them that repent; which makes the constant preaching of repentance necessary. (Rom. 6:23; Isa. 1:16-18, 55:7)

Chapter 17: Of The Perseverance of the Saints

1 Those whom God hath accepted in the beloved, effectually called and sanctified by his Spirit, and given the precious faith of his elect unto, can neither totally nor finally fall from the state of grace, but shall certainly persevere therein to the end, and be eternally saved, seeing the gifts and callings of God are without repentance, whence he still begets and nourisheth in them faith, repentance, love, joy, hope, and all the graces of the Spirit unto immortality; and though many storms and floods arise and beat against them, yet they shall never be able to take them off that foundation and rock which by faith they are fastened upon; notwithstanding, through unbelief and the temptations of Satan, the sensible sight of the light and love of God may for a time be clouded and obscured from them, yet he is still the same, and they shall be sure to be kept by the power of God unto salvation, where they shall enjoy their purchased possession, they being engraven upon the palm of his hands, and their names having been written in the book of life from all eternity. (John 10:28, 29; Phil. 1:6; 2 Tim. 2:19; 1 John 2:19; Ps. 89:31, 32; 1 Cor. 11:32; Mal. 3:6)

2 This perseverance of the saints depends not upon their own free will, but upon the immutability of the decree of election, flowing from the free and unchangeable love of God the Father, upon the efficacy of the merit and intercession of Jesus Christ and union with him, the oath of God, the abiding of his Spirit, and the seed of God within them, and the nature of the covenant of grace; from all which ariseth also the certainty and infallibility thereof. (Rom. 8:30, 9:11, 16; Rom. 5:9, 10; John 14:19; Heb. 6:17, 18; 1 John 3:9; Jer. 32:40)

3 And though they may, through the temptation of Satan and of the world, the prevalency of corruption remaining in them, and the neglect of means of their preservation, fall into grievous sins, and for a time continue therein, whereby they incur God's displeasure and grieve his Holy Spirit, come to have their graces and comforts impaired, have their hearts hardened, and their consciences wounded, hurt and scandalize others, and bring temporal judgments upon themselves, yet shall they renew their repentance and be preserved through faith in Christ Jesus to the end. (Matt. 26:70, 72, 74; Isa. 64:5, 9; Eph. 4:30; Ps. 51:10, 12; Ps. 32:3, 4; 2 Sam. 12:14; Luke 22:32, 61, 62)

Chapter 18: Of the Assurance of Grace and Salvation

1 Although temporary believers, and other unregenerate men, may vainly deceive themselves with false hopes and carnal presumptions of being in the favour of God and state of salvation, which hope of theirs shall perish; yet such as truly believe in the Lord Jesus, and love him in sincerity, endeavouring to walk in all good conscience before him, may in this life be certainly assured that they are in the state of grace, and may rejoice in the hope of the glory of God, which hope shall never make them ashamed. (Job 8:13, 14; Matt. 7:22, 23; 1 John 2:3, 3:14, 18, 19, 21, 24, 5:13; Rom. 5:2, 5)

2 This certainty is not a bare conjectural and probable persuasiongrounded upon a fallible hope, but an infallible assurance of faith founded on the blood and righteousness of Christ revealed in the Gospel; and also upon the inward evidence of those graces of the Spirit unto which promises are made, and on the testimony of the Spirit of adoption, witnessing with our spirits that we are the children of God; and, as a fruit thereof, keeping the heart both humble and holy. (Heb. 6:11, 19; Heb. 6:17, 18; 2 Pet. 1:4, 5, 10, 11; Rom. 8:15, 16; 1 John 3:1-3)

3 This infallible assurance doth not so belong to the essence of faith, but that a true believer may wait long, and conflict with many difficulties before he be partaker of it; yet being enabled by the Spirit to know the things which are freely given him of God, he may, without extraordinary revelation, in the right use of means, attain thereunto: and therefore it is the duty of every one to give all diligence to make his calling and election sure, that thereby his heart may be enlarged in peace and joy in the Holy Spirit, in love and thankfulness to God, and in strength and cheerfulness in the duties of obedience, the proper fruits of this assurance; -so far is it from inclining men to looseness. (Isa. 50:10; Ps. 88; Ps. 77:1-12; 1 John 4:13; Heb. 6:11, 12; Rom. 5:1, 2, 5, 14:17; Ps. 119:32; Rom. 6:1,2; Tit. 2:11, 12, 14)

4 True believers may have the assurance of their salvation divers ways shaken, diminished, and intermitted; as by negligence in preserving of it, by falling into some special sin which woundeth the conscience and grieveth the Spirit; by some sudden or vehement temptation, by God's withdrawing the light of his countenance, and suffering even such as fear him to walk in darkness and to have no light, yet are they never destitute of the seed of God and life of faith, that love of Christ and the brethren, that sincerity of heart and conscience of duty out of which, by the operation of the Spirit, this assurance may in due time be revived, and by the which, in the meantime, they are preserved from utter despair. (Cant. 5:2, 3, 6; Ps. 51:8, 12, 14; Ps. 116:11; 77:7, 8, 31:22; Ps. 30:7; 1 John 3:9; Luke 22:32; Ps. 42:5, 11; Lam. 3:26-31)

Petikan dari New Hampshire Baptist Confession of Faith of 1833[14]

3. Of the Fall of Man

We believe that man was created in holiness, under the law of his Maker Gen. 1:27, 31; Eccl. 7:29; Acts 16:26; Gen. 2:16; but by voluntary transgression fell from that holy and happy state Gen. 3:6-24; Rom. 5:12; in consequence of which all mankind are now sinners Rom. 5:19; John 3:6; Psa. 51:5; Rom. 5:15-19; 8:7, not by constraint, but choice Isa. 53:6; Gen. 6:12; Rom. 3:9-18; being by nature utterly void of that holiness required by the law of God, positively inclined to evil; and therefore under just condemnation to eternal ruin Eph. 2:1-3; Rom. 1:18, 32; 2:1-16; Gal. 3:10; Matt. 20:15, without defense or excuse Ezek. 18:19-20; Rom. 1:20; 3:19; Gal. 3:22.

4. Of the Way of Salvation

We believe that the salvation of sinners is wholly of grace Eph. 2:5; Matt. 18:11; 1 John 4:10; 1 Cor. 3:5-7; Acts 15:11, through the mediatorial offices of the Son of God John 3:16; 1:1-14; Heb. 4:14; 12:24; who by the appointment of the Father, freely took upon him our nature, yet without sin Phil. 2:6-7; Heb. 2:9, 14; 2 Cor. 5:21; honored the divine law by his personal obedience Isa. 42:21; Phil. 2:8; Gal. 4:4-5; Rom. 3:21, and by his death made a full atonement for our sins Isa. 53:4-5; Matt. 20:28; Rom. 4:25; 3:21-26; 1 John 4:10; 2:2; 1 Cor. 15:1-3; Heb. 9:13-15; that having risen from the death, he is now enthroned in heaven Heb. 1:8, 3; 8:1; Col. 3:1-4; and uniting in his wonderful person the tenderest sympathies with divine perfections, he is every way qualified to be a suitable, a compassionate, and an all-sufficient Saviour Heb. 7:25; Col. 2:9; Heb. 2:18; 7:26; Psa. 89:19; Psa. 14.

5. Of Justification

We believe that the great gospel blessing which Christ John 1:16; Eph. 3:8 secures to such as believe in him is Justification Acts 13:39; Isa. 3:11-12; Rom. 8:1; that Justification includes the pardon of sin Rom. 5:9; Zech. 13:1; Matt. 9:6; Acts 10:43, and the promise of eternal life on principles of righteousness Rom. 5:17; Titus 3:5-6; 1 Pet. 3:7; 1 John 2:25; Rom. 5:21; that it is bestowed, not in consideration of any works of righteousness which we have done, but solely through faith in the Redeemer's blood Rom. 4:4-5; 5:21; 6:28; Phil. 3:7-9; by virtue of which faith his perfect righteousness is freely imputed to us of God Rom. 5:19; 3:24-26; 4:23-25; 1 John 2:12; that it brings us into a state of most blessed peace and favor with God, and secures every other blessing needful for time and eternity Rom. 5:1-3, 11; 1 Cor. 1:30-31; Matt. 6:33; 1 Tim. 4:8.

6. Of the Freeness of Salvation

We believe that the blessings of salvation are made free to all by the gospel Isa. 55:1; Rev. 22:17; Luke 14:17; that it is the immediate duty of all to accept them by a cordial, penitent, and obedient faith Rom. 16:26; Mark 1:15; Rom. 1:15-17; and that nothing prevents the salvation of the greatest sinner on earth but his own inherent depravity and voluntary rejection of the gospel John 5:40; Matt. 23:37; Rom. 9:32; Prov. 1:24; Acts 13:46; which rejection involves him in an aggravated condemnation John 3:19; Matt. 11:20; Luke 19:27; 2 Thess. 1:8.

7. Of Grace in Regeneration

We believe that, in order to be saved, sinners must be regenerated, or born again John 3:3, 6-7; 1 Cor. 1:14; Rev. 8:7-9; 21:27; that regeneration consists in giving a holy disposition to the mind 2 Cor. 5:17; Ezek. 36:26; Deut. 30:6; Rom. 2:28-29; 5:5; 1 John 4:7; that it is effected in a manner above our comprehension by the power of the Holy Spirit, in connection with divine truth John 3:8; 1:13; James 1:16-18; 1 Cor. 1:30; Phil. 2:13, so as to secure our voluntary obedience to the gospel 1 Pet. 1:22-25; 1 John 5:1; Eph. 4:20-24; Col. 3:9-11; and that its proper evidence appears in the holy fruits of repentance, and faith, and newness of life Eph. 5:9; Rom. 8:9; Gal. 5:16-23; Eph. 3:14-21; Matt. 3:8-10; 7:20; 1 John 5:4, 18.

8. Of Repentance and Faith

We believe that Repentance and Faith are sacred duties, and also inseparable graces, wrought in our souls by the regenerating Spirit of God Mark 1:15; Acts 11:18; Eph. 2:8; 1 John 5:1; whereby being deeply convinced of our guilt, danger, and helplessness, and of the way of salvation by Christ John 16:8; Acts 2:37-38; 16:30-31, we turn to God with unfeigned contrition, confession, and supplication for mercy Luke 18:13; 15:18-21; James 4:7-10; 2 Cor. 7:11; Rom.10:12-13; Psa. 51; at the same time heartily receiving the Lord Jesus Christ as our Prophet, Priest, and King, and relying on him alone as the only and all-sufficient Saviour Rom. 10:9-11; Acts 3:22-23: Heb. 4:14; Psa. 2:6; Heb. 1:8; 8:25; 2 Tim. 1:12.

9. Of God's Purpose of Grace

We believe that Election is the eternal purpose of God, according to which he graciously regenerates, sanctifies, and saves sinners 2 Tim. 1:8-9; Eph. 1:3-14; 1 Pet. 1:1-2; Rom. 11:5-6; John 15:15; 1 John 4:19; Hos. 12:9; that being perfectly consistent with the free agency of man, it comprehends all the means in connection with the end 2 Thess. 2:13-14; Acts 13:48; John 10:16; Matt. 20:16; Acts 15:14; that it is a most glorious display of God's sovereign goodness, being infinitely free, wise, holy, and unchangeable Exod. 33:18-19; Matt. 20:15; Eph. 1:11; Rom. 9:23-24: Jer. 31:3; Rom. 11:28-29; James 1:17-18; 2 Tim. 1:9; Rom. 11:32-36; that it utterly excludes boasting, and promotes humility, love, prayer, praise, trust in God, and active imitation of his free mercy 1 Cor. 4:7; 1:26-31; Rom. 3:27; 4:16; Col. 3:12; 1 Cor. 3:5-7; 15:10; 1 Pet. 5:10; Acts 1:24; 1 Thess. 2:13; 1 Pet. 2:9; Luke 18:7; John 15:16; Eph. 1:16; 1 Thess. 2:12; that it encourages the use of means in the highest degree 2 Tim. 2:10; 1 Cor. 9:22; Rom. 8:28-30; John 6:37-40; 2 Pet. 1:10; that it may be ascertained by its effects in all who truly believe the gospel 1 Thess. 1:4-10; that it is the foundation of Christian assurance Rom. 8:28-30; Isa. 42:16; Rom. 11:29; and that to ascertain it with regard to ourselves demands and deserves the utmost diligence 2 Pet. 1:10-11; Phil. 3:12; Heb. 6:11.

10. Of Sanctification

We believe that Sanctification is the process by which, according to the will of God, we are made partakers of his holiness 1 Thess. 4:3; 5:23; 2 Cor. 7:1; 13:9; Eph. 1:4; that it is a progressive work Prov. 4:18; 2 Cor. 3:18; Heb. 6:1; 2 Pet. 1:5-8; Phil. 3:12-16; that it is begun in regeneration John 2:29; Rom. 8:5; John 3:6; Phil. 1:9-11; Eph. 1:13-14; and that it is carried on in the hearts of believers by the presence and power of the Holy Spirit, the Sealer and Comforter, in the continual use of the appointed means-especially the Word of God, self-examination, self-denial, watchfulness, and prayer Phil. 2:12-13; Eph. 4:11-12; 1 Pet. 2:2; 2 Pet. 3:18; 2 Cor. 13:5; Luke 11:35; 9:23; Matt. 26:41; Eph. 6:18; 4:30.

11. Of the Perseverance of Saints

We believe that such only are real believers as endure unto the end John 8:31; 1 John 2:27-28; 3:9; 5:18; that their persevering attachment to Christ is the grand mark which distinguishes them from superficial professors 1 John 2:19; John 13:18; Matt. 13:20-21; John 6:66-69; Job 17:9; that a special Providence watches over their welfare Rom. 8:28; Matt. 6:30-33; Jer. 32:40; Psa. 121:3; 91:11-12; and they are kept by the power of God through faith unto salvation Phil. 1:6; 2:12-13; Jude 24-25; Heb. 1:14; 2 Kings 6:16; Heb. 13:5; 1 John 4:4.

Petikan Dari Southern Baptist Confession of Faith[15]

IV. Salvation

Salvation involves the redemption of the whole man, and is offered freely to all who accept Jesus Christ as Lord and Saviour, who by His own blood obtained eternal redemption for the believer. In its broadest sense salvation includes regeneration, justification, sanctification, and glorification. There is no salvation apart from personal faith in Jesus Christ as Lord.

A. Regeneration, or the new birth, is a work of God's grace whereby believers become new creatures in Christ Jesus. It is a change of heart wrought by the Holy Spirit through conviction of sin, to which the sinner responds in repentance toward God and faith in the Lord Jesus Christ. Repentance and faith are inseparable experiences of grace.

B. Repentance is a genuine turning from sin toward God. Faith is the acceptance of Jesus Christ and commitment of the entire personality to Him as Lord and Saviour.

C. Justification is God's gracious and full acquittal upon principles of His righteousness of all sinners who repent and believe in Christ. Justification brings the believer unto a relationship of peace and favor with God.

D. Sanctification is the experience, beginning in regeneration, by which the believer is set apart to God's purposes, and is enabled to progress toward moral and spiritual maturity through the presence and power of the Holy Spirit dwelling in him. Growth in grace should continue throughout the regenerate person's life.

E. Glorification is the culmination of salvation and is the final blessed and abiding state of the redeemed.

V. God's Purpose of Grace

Election is the gracious purpose of God, according to which He regenerates, justifies, sanctifies, and glorifies sinners. It is consistent with the free agency of man, and comprehends all the means in connection with the end. It is the glorious display of God's sovereign goodness, and is infinitely wise, holy, and unchangeable. It excludes boasting and promotes humility.

All true believers endure to the end. Those whom God has accepted in Christ, and sanctified by His Spirit, will never fall away from the state of grace, but shall persevere to the end. Believers may fall into sin through neglect and temptation, whereby they grieve the Spirit, impair their graces and comforts, and bring reproach on the cause of Christ and temporal judgments on themselves; yet they shall be kept by the power of God through faith unto salvation.

Petikan Dari The Baptist Faith & Message 2000[16]

IV. Salvation

Salvation involves the redemption of the whole man, and is offered freely to all who accept Jesus Christ as Lord and Saviour, who by His own blood obtained eternal redemption for the believer. In its broadest sense salvation includes regeneration, justification, sanctification, and glorification. There is no salvation apart from personal faith in Jesus Christ as Lord.

A. Regeneration, or the new birth, is a work of God's grace whereby believers become new creatures in Christ Jesus. It is a change of heart wrought by the Holy Spirit through conviction of sin, to which the sinner responds in repentance toward God and faith in the Lord Jesus Christ. Repentance and faith are inseparable experiences of grace.

B. Repentance is a genuine turning from sin toward God. Faith is the acceptance of Jesus Christ and commitment of the entire personality to Him as Lord and Saviour.

C. Justification is God's gracious and full acquittal upon principles of His righteousness of all sinners who repent and believe in Christ. Justification brings the believer unto a relationship of peace and favor with God.

D. Sanctification is the experience, beginning in regeneration, by which the believer is set apart to God's purposes, and is enabled to progress toward moral and spiritual maturity through the presence and power of the Holy Spirit dwelling in him. Growth in grace should continue throughout the regenerate person's life.

E. Glorification is the culmination of salvation and is the final blessed and abiding state of the redeemed.

V. God's Purpose of Grace

Election is the gracious purpose of God, according to which He regenerates, justifies, sanctifies, and glorifies sinners. It is consistent with the free agency of man, and comprehends all the means in connection with the end. It is the glorious display of God's sovereign goodness, and is infinitely wise, holy, and unchangeable. It excludes boasting and promotes humility.

All true believers endure to the end. Those whom God has accepted in Christ, and sanctified by His Spirit, will never fall away from the state of grace, but shall persevere to the end. Believers may fall into sin through neglect and temptation, whereby they grieve the Spirit, impair their

Petikan Dari Asas-Asas kepercayaan Gabungan Gereja Baptis Indonesia[17]

8. “Keselamatan adalah pengalaman kelepasan dari dosa dan kematian kekal yang terjadi oleh anugerah Allah melalui pertobatan dan iman kepada Tuhan Yesus Kristus, dan bersifat kekal. Pengalaman ini meliputi pengampnan, kelahiran baru, pendamaian, pembenaran, pengudusan, penerimaan hidup kekal, pengangkatan sebagai anak Allah, dan pemuliaan,”(Kisah Para Rasul 2:21; Roma 10:10; Yohanes 3:16; Efesus 2:8-10; Roma 5:6-9; Yohanes 3:5-7; 16:7-11; 10:28; Roma 5:1).

Penjelasan:

8.1. Pegalaman kelepasan dari dosa: adalah suatu pengalaman nyata dalam hidup seseorang secara pribadi ketika ia percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai juruselamatnya sehingga ia dibebaskan dari dosa dan kuasa dosa.

8.2. Anugerah Allah: adalah pemberian yang bersifat cume-Cuma dari Allah yang didasaarkan pada sifat kasihNya kepada manusia yang tidak layak untuk menerimanya.

8.3. Pertobatan dari dosa: adalah suatu pengalaman pribadi ketika seseorang sadar, mengaku dosanya dan percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat yang membawa perubahan hidup secara meyeluruh dari dosa kepada hidup di dalam Tuhan.

8.4. Iman kepada Tuhan yesus Kristus: adalah kepercayaan mutlak kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru selamatnya.

8.5. Keselamatan bersifat kekal; berarti sejak seorang diselamatkan karena kepercayaannya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai juruselamat maka keselamatannya itu tidak akan bias hilang.

8.6. Pengampunan dosa: adalah pembebasan dari tuntutan dosa berdasaarkan karya kematian Kristus.

8.7. kelahiran baru: adalah pengaruniaan hidup baru karena iman kepada Tuhan Yesus Kristus.

8.8. Pendamaian: adalah pemulihan hubungan manusia dengan Allah.

8.9. Pembenaran: merupakan tindakan Allah dimana orang yang percaya karena imannya kepada Kristus dinyatakan sebagai orang benar.

8.10. Pengudusan: adalah dikhususkan dan diasingkan untuk Allah.

8.11. Pengangkatan sebagai anak Allah: adalah jaminan dan hak mewarisi kerajaan Allah.

8.12. Pemuliaan: adalah menerima kemuliaan dari Allah.

Sebuah Pandangan Umum Mengenai Konsep Keselamatan Baptis

Melalui selayang pandang umum mengenai doktrin keselamatan Baptis dari beberapa konvensi di atas, termasuk di Indonesia dan yang masih menjadi pedoman bagi kepercayaan dan praktek kaum Baptis hingga saat ini, maka dapat dilihat mengenai pandangan dasar-umum konsep keselamatan kaum Baptis. Penempatan beberapa pengakuan iman secara bersama-sama sekaligus menjadi perbandingan untuk melihat benang merah doktrin dasar; dalam hal-hal mana merupakan keyakinan yang bersifat sama; dalam hal-hal mana kemungkinan berbeda; dan dalam hal-hal apa pengakuan iman tertentu membahasnya, sedang yang lain tidak membahas.

Dalam taraf ini, dapatlah diambil sebuah pandangan umum bahwasannya semua pengakuan iman di atas sepakat dalam asas-asas dasar dalam konsep keselamatan sesuai faham ortodoksi. Namun demikian, sebagaimana tampak dalam pengakuan-pengakuan iman di atas, asas-asas dasar yang dimaksud di sini masih bersifat pokok-pokok atau garis besar dengan definisi dan penjelasan ringkas, disertai referensi ayat-ayat Alkitab. Dalam hal ini pernyataan doktrin dalam asas-asas pokok yang sama tersebut belum sampai dan tidak mencakup penjelasan konsep secara luas sampai pada dimensi-dimensi problematic, isu-isu yang berkaitan, termasuk paradox dan segi-segi kesulitan konseptual yang terkandung di dalamnya. Benarlah pada satu sisi pernyataan beberapa kalangan yang menyebut bahwa perbedaan-perbedaan doctrinal tidak terjadi dalam tingkat konvensi maupun pengakuan iman dan doktrin dasar. Melainkan pada tingkat/level di bawah pengakuan iman dan konvensi, manakala kaum Baptis menjabarkan, menafsirkan, dan menjelaskan konsep atas dasar pengakuan iman tersebut.[18]

Di samping itu, dari pembandingan tersebut tampak bahwa beberapa pengakuan iman tidak memuat tema dan penjelasan mengenai kedaulatan Allah, tentang ketetapan dan pemilihan Allah, tentang kehendak bebas. Sebagaimana diketahui bahwa tema-tema tersebut merupakan isu-isu krusial dalam doktrin keselamatan, dan bersifat debatable, sekalipun berpusat pada asas dasar yang jelas dan sama: yakni keselamatan sebagai anugerah Allah melalui iman di dalam Yesus Kristus. Pembicaraan mengenai isu-isu tersebut secara otomatis selalu menarik (‘menyeret’) berbagai pihak pada pergumulan klasik antara Calvinisme dan Arminianisme. Justru dalam konteks dan berkaitan dengan tema-tema/ isu-isu inilah titik-titik pergumulan konsep keselamatan Baptis dewasa ini terjadi. Dalam ranah inilah gamut antara Calvinisme dan Arminianisme itu terjadi, karena dengan tema-tema tersebut tidak disebut dan dijelaskan dalam pengakuan iman telah memberi ruang yang luas untuk kedua corak tersebut bercampur.

Titik-Titik Pokok Pergumulan Konsep Keselamaatan di Lingkungan Baptis

Abad ke-20 dan 21

Sebagaimana sudah diungkapkan di atas, titik-titik pokok pergumulan dalam konsep keselamatan dalam hal ini terutama tidak terjadi dalam tingkat “kalimat-kalimat ungkapan pengakuan iman atau asas-asas pokok” pada deklarasi-deklarasi di atas. Pertama, titik pokok pergumulan ini menyangkut penjelasan lanjutan segi-segi konsep keselamatan berdasarkan pokok-pokok pengakuan iman di atas berikut isu-isu yang terkait erat dengan pokok tersebut. Kedua, titik pokok pergumulan dalam hal ini terutama bukan dalam tingkat konvensi (kecuali saat membedakan golongan Baptis Umum dan Khusus), melainkan level di bawah konvensi dalam konteks spirit kebebasan Baptis. Ketiga, titik pergumulan dalam hal ini menyangkut terutama terhadap tema-tema tertentu sebagai topic dan isu krusial serta debatable dimana beberapa pengakuan iman tidak menyebut dan membahasnya. Keith A. Sherlin mengatakan,

The Baptist Confession of Faith of 1689. The earliest Baptist Confession of Faith in America discusses the subject of predestination and election in several places in the confession. In Chapter 3, dealing with God's eternal decree, Chapter 5, issues with Divine Providence, Chapter 9, which deals with man's will, Chapter 10, discusses God's work in calling people to faith, and Chapter 14 provides information in how God provides saving faith for people. All throughout these chapters references are made to election, foreknowledge, predestination, calling, and other related concepts dealing with salvation. Other Baptist Confessions follow suit with this as well. The New Hampshire Baptist Confession of Faith in 1833 and the Baptist Faith and Message of the Southern Baptist Convention (all editions from 1925 to the current 2000 version) have sections that discuss the election and predestination subjects.[19]

Berikut adalah identifikasi dan deskripsi pokok-pokok pergumulan dalam konsep keselamatan kaum Baptis.

Predestinasi

Baik dalam teologi Calvinis maupun Arminianis, tema tentang predestinasi atau yang berkenaan dengan penetapan dan pemilihan Allah sebelumnya terhadap orang-orang yang akan diselamatkan sejak dalam kekekalan merupakan salan satu tema penting dan tergolong krusial dalam menandai perbedaan keduanya. Sebagaimana sudah diketahui, bahwa baik Calvinisme maupun Arminianisme sebenarnya sama-sama membahas mengenai hal ini, akan tetapi dalam konsep dan pengertian yang berbeda. Ketika hal ini hadir bersama dan bercampur dalam suatu faham teologi maka pada giliran berikutnya akan terjadi kerancuan konsep dan “gamut” tersebut, dan tidak jarang menimbulkan kontroversi. Pengakuan Iman London (1689) menyatakan hal predestinasi terhadap sebagian orang dan sebagian malaikat secara eksplisit disertai beberapa penjelasan, sementara yang lain tidaak menyebut hal ini.[20] Mereka yang menganut pengakuan iman ini termasuk corak Calvinis berikut doktrin Predestinasi ini kadangkala menyebut diri atau disebut sebagai Reformed Baptis, mereka tergabung dalam beberapa federasi gereja-gereja Reformed Baptis, seperti Asosiasi Reformasi Gereja Baptis di Amerika (ARBCA).[21]

Sedang di sisi lain beberapa teolog seperti Laurence M. Vance, Dave Hunt, dan Suhento Liauw tidak sependapat dengan hal ini, dan justru terang-terangan menyebut Calvin adalah penyesat terbesar, dan bahwa doktrinnya adalah ajaran sesat terbesar dalam kekristenan dan sama sekali tidak alkitabiah.[22] Sementara itu beberapa pihak menyatakan pandangan yang cukup bervariasi, bahkan rancu. Seperti mempercayai predestinasi sebagai tindakan penetapan dan pemilihan Allah tetapi pada saat yang sama mengakui peran/tanggung jawab manusia dalam keselamatan, dan menyatakan bahwa doktrin pemilihan dan penetapan Allah yang bebas dan tanpa kondisi disebutnya sebagai “ultra calvinisme”. Lalu beberapa yang lain menolak predestinasi dan pilihan terbatas dan menolak poin Calvinis lainnya; dan ada juga yang menerima predestinasi tetapi dengan cara dan konsep yang berbeda pula.[23]

W. A. Chriswell menyatakan pandangannya yang tegas bahwa doktrin Predestinasi adalah sesuatu yang pasti dalam kekekalan, sebelum dasar-dasar bumi diletakkan. Bahwa hal itu adalah merupakan ketetapan yang berdaulat dari pihak Allah. Ia menegaskan mengenai foreknowledge Allah terhadap segala sesuatu yang akan terjadi, namun ia tidak mengatakan bahwa Predestinasi itu tindakan logis dari foreknowledge. Menyikapi mengenai hubungan predestinasi yang bebas dan mutlak dan tindakan-tindakan manusia, ia tidak mempertentangkannya tetapi menyebutnya sebagai misteri antara tindakan Allah dalam ranah kekekalan dan tindakan manusia dalam ranah waktu. Hanya saja manusia tak dapat melihat hal ini sekaligus secara serentak. Namun demikian keduanya tidak bertentangan.[24] Chris Marantika berada pada posisi pandangan yang kurang lebih sama dengan pandangan W. A. Chriswell.[25] Sedangkan Ichwei G. Indra menegaskan Predestinasi berkenaan dengan penentuan Allah sebelumnya ini dalam konsep foreknowledge yaitu “bagi orang yang menerimaNya” dan bahwa “menerima atau menolak amugerah keselamatan Allah itu tergantung pada keputusan manusia itu sendiri”. Lebih lanjut ia menegaskan bahwa dasar pilihan dan penentuan Allah kepada orang-orang yang menerima anugerahNya adalah pengenalanNya kepada setiap orang. Menurutnya, ungkapan “dari semula”, “sebelum dunia dijadikan”, “dari mulanya” menunjuk pengetahuan Allah sebelumnya mengenai siapa-siapa diantara manusia yang akan menerima anugerahNya.[26]

Doktrin calvinis mengenai Predestinasi menegaskan mengenai ketetapan Allah yang berdaulat dan bijaksana untuk memilih dan menentukan sejak dalam kekalan sebagian orang untuk diselamatkan dan sebagian lainnya tidak. Bahwa sekalipun alalah mengetahui segala sesuatu sebelumnya, akan tetapi predestinasi bukanlah penetapan logis berdasarkan pengetahuan Allah mengenai siapa yang akan percaya Kristus. Dengan kata lain, ini adalah penetapan dan pemilihan yang bersifat unconditional, dalam kebebasanNya yang berdaulat, dan pertimbanganNya yang bijaksana.[27] Sedangkan “Predestinasi” dalam konteks Arminianis menyatakan bahwasannya penetapan Allah itu didasarkan atas foreknowledge atau pengetahuan sebelumnya dari Allah mengenai siapa-siapa yang akan menerima tawaran keselamatan dan mengambil keputusan untuk percaya, dan atas dasar itu menetapkan mereka untuk diselamatkan. Faham ini lebih dikenal sebagai penetapan allah yang bersifat “prakondisi”, yakni berdasarkan kondisi yang manusia nanti akan menjadi.[28]

Dalam titik dan ruang pergumulan inilah “gamut” dan pergumulan serta diskusi polemis dalam konsep keselamatan di lingkungan Baptis itu terjadi.

Kedaulatan Allah Dan Tanggung Jawab Manusia

Laurence M. Vance, Dave Hunt, dan Suhento Liauw melihat dua hal ini sebagai sepenuhnya dikotomis, saling terpisah dan tidak berhubungan antara satu dengan lainnya dalam proses/aplikasi keselamatan orang percaya. Mereka menyatakan logika sederhana bahwa jika kedaulatan Allah dalam penyelamatan itu mutlak dan “unconditional” maka hal itu tidak mengijinkan dan memberi ruang sedikitpun bagi tanggung jawab manusia. Sebaliknya mereka menegaskan bahwa “Jika manusia memang sudah jatuh ke dalam dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah namun tidak kehilangan kesadaran diri dan kemampuan respon, sehingga Allah masih menyerukan agar manusia bertobat dan percaya, maka ia tidak kehilangan aspek tanggung jawab manusia. Bahwa keselamatan itu datang karena bertobat dan percaya”.[29]

Konsep Predestinasi foreknowledge (yang bersifat kondisional) sebagaimana faham Arminianisme, juga dalam pemaparan Ichwei di atas menempatkan manusia dalam possisi penting dalam hal tanggung jawab, dalam hal ini menanggapi tawaran keselamatan Allah, apakah menerima atau menolaknya. Ichwei mengatakan “Jadi, menerima atau menolak [tawaran] anugerah keselamatan Allah itu tergantung keputusan manusia itu sendiri”.[30] Lebih lanjut ia mengatakan seperti dalam kasus Yudas Iskariot misalnya, menurutnya hal itu terjadi semata-mata karena ia menolak anugerah itu sehingga ia kehilangan keselamatannya.[31] Di dalam semuanya ini, tampak bahwa tanggung jawab manusia dalam keselamatan mendapat penekanan yang besar dan memainkan peran sentral.

Sementara itu, konsisten dengan pandangannya mengenai Predestinasi, W. A. Chriswell menegaskan kedaulatan mutlak Allah yang tidak dapat diubah dan dipengaruhi apapun, namun pada saat yang sama tidak menghilangkan aspek tanggung jawab manusia. Keduanya dipandang sebagai kesejajaran dan merupakan kenyataan “present’ di hadapan Allah. Keduanya merupakan kenyataan parallel yang tidak saling membatalkan atau dikotomis, sebagai kenyataan dalam dimensi kekalan dan dalam waktu (manusia). Namun demikian sulir bagi manusia untuk memandang keselarasan parallel ini pada saat yang sama. Ia mengatakan hal itu sebagai misteri. Dengan kata lain, ia memandang kedaulatan Allah dan tanggung jawab manusia sama vitalnya.[32]

Sebaliknya Harold L. Fickett, Jr. menyatakan bahwa fakta dosa itu telah menyebabkan kematian pada manusia, dan “sebagai orang mati ia tidak dapat melakukan apa-apa untuk dirinya sendiri. Jadi, mereka yang mati secara rohani tidak mampu untuk member keselamatan bagi dirinya sendiri. Alkitab mengungkapkan bahwa seseorang sama sekali tidak tertarik akan keselamatan yang disediakan Allah…”.[33]

Perkembangan yang terjadi di Southern Baptist Church dewasa ini juga mengalami beberapa perubahan mengenai konsep tentang kedaulatan Allah dan hubungannya dengan tanggung jawab manusia. Dalam sejarah Southern Baptist, bahwasanya sampai pergantian abad kedua puluh, Reformed soteriologi menjadi sikap yang berlaku umum dalam kehidupan Konvensi. Namun dalam perkembangan Baptis Selatan saat ini menurut Keith A. Sherlin telah mengadopsi "hermeneutika Amanat Agung" yang menempatkan penekanan lebih besar pada tanggung jawab manusia daripada kedaulatan ilahi dalam konsep soteriologis.[34] Masih menurut Sherlin, sebagai salah satu akibat dari pergeseran dalam filsafat tersebut, Baptis Selatan sekarang telah mengadopsi “hibrida” campur aduk antara Calvinisme dan Arminianisme. Mereka ingin menjadi Calvinis dalam menegaskan dosa manusia dan keabadian keselamatan, tetapi menolak doktrin Reformed di pemilihan tanpa syarat, penebusan khusus, dan sifat kemenangan rahmat ilahi. Bill Leonard menggambarkan soteriologi Southern Baptist tersebut sebagai kondisi yang membingungkan, dimana sebagai “ahli waris” tradisi Calvinis dan Arminian sekaligus sehingga menghasilkan doktrin keselamatan yang beragam; dan pada saat hal itu terjadi dan dipegang bersama-sama (“gamut”) berpotensi menimbulkan kebingungan teologis yan serius.[35]

Penebusan Terbatas Vs Keselamatan Untuk Semua orang

Salah satu isu mendasar dalam doktrin keselamatan dan yang juga menjadi kontroversi di kalangan Baptis adalah mengenai pertanyaan “apakah keselamatan melalui karya Kristus itu hanya efektif terbatas pada orang-orang pilihan saja, atau sebenarnya efektif bagi semua orang asal saja mereka menerima tawaran keselamatan itu dan percaya kepadaNya?” Sejarah kaum Baptis telah menunjukkan bahwa persoalan ini menjadi salah satu polemic klasik yang menyebabkan lahirnya golongan Baptis Umum dan Baptis Khusus sebagaimana telah disinggung di depan. Sekalipun perdebatan mengenai hal ini sepakat mengenai keselamatan yang hanya terdapat di dalam Kristus, tetapi kedua belah pihak belum sepakat mengenai sifat dan jangkauan penebusan Kristus tersebut, sehingga bagaimanapun pembahasan terhadap isu ini sangatlah penting. Pun hal itu juga masih menjadi pergumulan dan diskusi dikalangan Baptis hingga saat ini dan belum tercapai persetujuan yang lengkap.[36]

Laurence M. Vance dan Dave Hunt dalam hal ini lebih dekat kepada pandangan Anabaptis yang bercorak kuat Aminianis, dengan menegaskan bahwa konsep penebusan terbatas (kematian Kristus hanya efektif bagi orang pilihan) terlalu dipaksakan secara logis, menabrak banyak ayat Alkitab, sehingga tidak alkitabiah dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Sekali lagi ia menegaskan bahwa faham tersebut merupakan kesesatan.[37] Menyikapi isu tersebut Suhento Liauw mengatakan bahwa hal itu tidak alkitabiah dan perlu direnungkan ulang.[38] Ichwei G. Indra menyatakan bahwa tawaran keselamatan dalam Kristus itu berlaku dan terbuka untuk semua orang, dan efektif untuk orang-orang yang mau menerimanya dengan sungguh-sunnguh. Dalam hal ini jangkauan karya penyelamatan Kristus adalah untuk semua orang dan tidak dibatasi oleh penetapan Allah sebelumnya. Penetapan Allah menurutnya adalah menetapkan berdasarkan pra-pengetahuanNya atas orang-orang yang akan menerima Yesus. Jadi keputusan manusialah yang “membatasi” jangkauan efektivitas karya penyelamatan Yesus.[39]

Sementara itu, sekalipun tidak dinyatakan secara eksplisit, W. A. Chriswell menyatakan pandangan yang konsisten dalam konteks parallel antara penetapan kekal dan berdaulat dari pihak Allah dan tanggung jawab manusia, bahwasannya karya kematian Kristus itu benar-benar ditawarkan untuk semua orang, akan tetapi hanya efektif bagi keselamatan orang-orang pilihan. Sehingga dalam konteks tersebut, orang-orang yang tidak percaya akan terhukum karena keputusannya sendiri.[40] Sebagai perbandingan, sehubungan dengan isu ini, J. I. Packer menyatakan bahwa keselamatan dalam Kristus benar-benar ditawarkan untuk semua orang, dan bahwa kepada semua orang diserukan panggilan yang sungguh-sungguh kepada pertobatan. Akan tetapi penerapan karya keselamatan Kristus tersebut hanya efektif bagi orang-orang pilihan.[41]

Kehendak Bebas

Hal inipun merupakan pokok yang sangat terkait dengan tema-tema di atas dalam konteks doktrin kesselamatan. Dan mengingat kondisi “gamut’ antara Calvinisme dan Arminianisme dalam doktrin keselamatan di lingkungan Baptis, maka tema mengenai kehendak bebas merupakan salah satu pokok pergumulan penting dalam diskusi-diskusi teologis hingga kini. Sebagaimana dinyatakan Ichwei Indra yang mengatakan bahwa keselamatan itu ditawarkan pada semua orang, dan bahwa menerima atau menolak keselamatan Allah itu tergantung pada keputusan manusia itu sendiri. Termasuk Yudas Iskariot, ia kehilangan keselamatan karena ia menolak anugerah keselamatan itu. Ditambah lagi bahwa “penetapan” itu bersifat kondisional berdasarkan keputusan manusia untuk menerima Kristus, maka tampaklah bahwa Ichwei ini mewakili sebagian kalangan yang member penekanan besar dari peran kehendak bebas manusia dalam keputusan bagi keselamatannya (untuk menerima atau menolaknya).[42] Sementara itu, Fickett Jr. secara hati-hati hal-hal yang berkaitan dengan “syarat yang tergantung pada keputusan manusia” itu sebagai “apa yang merupakan sudut pandang manusia”. Dengan kata lain, ia ingin menyampaikan bahwa keputusan kehendak manusia untuk menerima Kristus tidaklah lepas dari penetapan kekal dalam sudut pandang Allah, sekalipun mengenai hal ini ia tidak menjelaskan lebih jauh.[43]

Lalu jika menyimak pernyataan Laurence M. Vance dan Dave Hunt berikut: “Jika manusia memang sudah jatuh ke dalam dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah namun tidak kehilangan kesadaran diri dan kemampuan respon, sehingga Allah masih menyerukan agar manusia bertobat dan percaya, maka ia tidak kehilangan aspek tanggung jawab manusia. Bahwa keselamatan itu datang karena bertobat dan percaya”, tampaknya hendak menegaskan bahwa keberdosaan manusia tidak menghilangkan kemandirian kehendaknya yang memungkinkan membuat keputusan terhadap penawaran keselamatan itu. Terbukti, bahwa Allah menyerukan agar manusia bertobat dan percaya, hal mana menuntut keputusannya yang mandiri/ pribadi.[44] Finney, salah satu tokoh besar Southern Baptist dikatakan sebagai yang turut bertanggung jawab terhadap terjadinya beberapa pergeseran corak Calvinis kepada Arminianis dalam doktrin keselamatan melalui penekanan “men centered”-nya dalam gerakan penginjilannya, yang menekankan hubungan yang kuat antara keputusan kehendak yang mandiri manusia dengan keselamatan. Di sisi lain, dampaknya terhadap kebangunan penginjilan memang sanagat besar.[45]

Sementara itu di pihak lain, dikalangan Baptis yang merujuk pada Pengakuan Iman London (1689) menegaskan bahwa sejak manusia jatuh dalam dosa, kehendak bebasnya memang tidak hilang, sanggup merespon, akan tetapi juga telah rusak oleh dosa dan tidak sanggup menyatakan yang baik secara rohani dan memenuhi standart Allah. Sehingga dengan demikian iman dan keputusan iman untuk menerima Kristus pada satu sisi merupakan pekerjaan Roh Kudus.[46]

Ketekunan Orang Kudus – Jaminan Keselamatan Kekal

Berkenaan dengan jaminan akan kebertahanan/ketekunan orang kudus/ orang percaya hingga akhir, dan jaminan keselamatan, dalam kaitannya dengan “sekali selamat, tetap selamat”, sebuah forum diskusi kalangan Baptis tertentu mengkritik pedas mengenai hal ini, dan mengatakan bahwa hal tersebut sama sekali tidak Alkitabiah. Ia juga mengkritik secara tajam beberapa pendeta Baptis yang mempercayai doktrin tersebut.[47] Lalu dalam buku “Teologi Sistematis” yang ditulisnya, Ichwei menyatakan bahwa Yudas iskariot kehilangan keselamatannya, karena menolak anugerah Allah yang disediakan baginya.[48] Bukan saja mengisyaratkan tendensi penekanan pada kehendak bebas dan tanggung jawab/ keputusan manusia, akan tetapi juga bahwa hal tersebut mengisyaratkan bahwa seseorang dapat kehilangan keselamatannya.

Fickett Jr. secara terus terang berada pada posisi Calvinis dalam hal ini bahwa seseorang yang sungguh percaya Yesus dan diselamatkan tidak akan kehilangan keselamatannya. Atas dasar bahwa Yesus yang berkuasa menyelamatkan berkuasa pula menjamin dan memeliharanya hingga pada hari Tuhan, bahkan kekekalan.[49] Searah dengan itu, Chriswell menyatakan bahwa bagi orang percaya yang sudah diselamatkan, “sekali selamat, tetap selamat”, dan bahwa Allah sendiri yang menjamin dan memelihara hal itu hingga kekekalan.[50] Demikianpun dengan Minit Konggres IX GGBI tahun 2010 yang menyatakan bahwa “keselamatan itu bersifat kekal, berarti sejak seseorang diselamatkan karena kepercayaannya kepada Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat maka keselamatannya itu tidak akan bisa hilang”.[51]


BAB III

ANALISA MATERIAL TERHADAP Titik-Titik Pokok Pergumulan

Konsep Keselamatan di Lingkungan Baptis

di Abad Ke-20 dan 21

Pada bab singkat ini pembahasan dimaksudkan untuk mengadakan analisa material (terhadap dan secara materi/bahan kajian) dan mengidentifikasi esensi permasalahannya. Pendekatan ini tidak akan dilakukan terhadap kasus-kasus, melainkan kajian materi seluruh pokok pergumulan secara umum, dalam konteks materi doktrin Baptis dan Baptis. Berdasarkan hal tersebut, maka diidentifikasi hal-hal mendasar yang merupakan titik tumpu pergumulan dalam konsep soteriologi Baptis dewasa ini.

Titik Tumpu Perdebatan

Jika dicermati dengan seksama, maka pada dasaarnya titik-titik tumpu bagi lahirnya persoalan, perdebatan, bahkan kontroversi tersebut secara material dapat dikelompokkan ke dalam dua kutub besar, yakni perspektif Calvinisme di satu pihak dan perspektif Arminianisme di pihak lain. Sudah dikemukakan di depan, bahwa sebenarnya konvensi, ataupun pengakuan iman Baptis tidak secara resmi dan eksplisit menyebut afiliasi terhadap aliran teologi tertentu, dan bahwa mereka berafiliasi otoritatif merujuk pada Alkitab. Namun demikian sebagaimana nyata dalam implementasi konsep dan doktrin soteriologi, serta nyata dalam diskusi-diskusi yang luas, tampak jelas bahwa polemic dan kontroversi yang ada terutama menempatkan mereka bergumul dan berayun diantara kutub Calvinisme dan Arminianisme.

Ketiadaan Kredo Otoritatif

Titik pokok pergumulan berikutnya yang memungkinkan lahirnya berbagai kontroversi tersebut tentu juga karena tidak adanya kredo otoritatif sebagai konsep tunggal yang secara resmi berlaku dan mengikat secara posisi doctrinal bagi seluruh kaum Baptis. Lepas dari masalah “apakah kredo demikian perlu atau tidak”, akan tetapi ketiadaannya jelas menjadi ruang “gamut” bagi dimungkinkannya berbagai corak (termasuk yang kontradiktif) bersama hadir dan bergumul menjadi satu. Pada giliran berikutnya keadaan tersebut melahirkan berbagai variasi konsep teologis dalam tingkat penafsiran/penjelasan yang berragam, bercorak teologis yang berbeda, bahkan tidak menutup kemungkinan saling berkontradiksi. Sekalipun begitu, mengingat konteksnya yang demikian, maka hal itupun sah-sah saja tentunya.

Alkitab Tidak Menyediakan Konsep Jadi

Hal ini sangat terkait dengan titik tumpu “persoalan” di atas mengenai tidak adanya kredo otoritatif. Bahwa sumber, otoritas, dan rujukan, serta pembimbing berteologi dan berkonsep teologi adalah langsung dari Alkitab. Secara normative memanglah demikian seharusnya, dan merupakan keyakinan ortodeksi yang tidak dapat ditawar. Permasalahan muncul dalam tingkat operasional dan implementasi penafsiran dan pembangunan/pengembangan konsep teologis. Sebagaimana diketahui bahwa Alkitab yang adalah sumber primer teologi itu pada satu sisi tidak menyediakan konsep teologis yang sudah jadi sebagai uraian konseptual yang lengkap, melainkan dalam bentuk data-data yang seringkali masih harus ditafsirkan dan dirangkai sedemikian rupa.

Pada satu sisi sebenarnya disinilah peran penting kredo tersebut sebagai penyataan doktrin dan penjelasan konseptualnya, yang akan berperan sebagai kerangka pembimbing teologis sehingga “menjaga” penafsir-penafsir bebas yang mendekati Alkitab dan membangun konsep-konsep teologis itu tidak menyimpang kemana-mana. Tentu saja hal inipun bukan tanpa kelemahan, karena kedudukan kredo otoritatif menjadi sangat krusial dan “mengekang” Alkitab. Sementara di sisi lain, dalam keadaan Alkitab yang belum berupa konsep teologis yang sudah jadi, sebenarnya tidak mungkin orang menafsir Alkitab dan membangun konsep teologis dengan kepala kosong-tanpa presuposisi teologis-doktrinal tertentu.

Biblio Paradoxical

Tak pelak lagi, mengamati kontroversi dalam perkembangan konsep doctrinal dan diskusi-diskusi polemis dalam bab terdahulu, tampak jelas bahwa salah satu titik tumpu terjadinya pergumulan tersebut adalah kenyataan Paradoxical dari banyak bagian Alkitab (termasuk yang menyangkut tentang soteriologi) sebagai materi dan sumber teologi. Dalam semangat kebebasan pribadi dan tanpa kredo otoritatif jelas bahwa hal tersebut telah melahirkan berbagai pandangan dan konsep serta pendekatan yang berbeda-beda. Hal itu masih ditambah dengan kenyataan mengenai paradox tersebut yang secara materi tetap saja merupakan kesulitan dan misteri yang tidak mudah dijelaskan hingga kini. Misalnya mengenai kenyataan kedaulatan Allah dan tanggung jawab manusia; anugerah yang mutlak dan kehendak bebas mansia; penetapan Allah dan keputusan manusia; pemilihan sebagian orang dan tawaran keselamatan untuk semua orang; dan sebagainya. Sedangkan di sisi lain, perspektif ortodoksi meyakini bahwa unsure-unsur paradox tersebut sepenuhnya benar, dan tidak saling berkontradiksi, ataupun saling bersitegang dan membatalkan satu dengan yang lainnya (meskipun hal itu terus saja menghasilkan ketegangan para teolog dan pandangan serta konsep yang saling berkontradiksi).

Chriswell berdamai dengan kenyataan ini dengan tidak memaksakan pembakuan konsep menyangkut hal ini, dan menerimanya sebagai misteri, yang walaupun nyata tetapi tak dapat sepenuhnya dijelaskan.[52] J. I. Packer menyebut hal ini sebagai kenyataan mengenai antinomi, sebagai dua kenyataan alkitabiah yang sama-sama benar dan sah, yang walaupun tampak bertentangan tetapi sebenarnya merupakan kebenaran yang selaras dan tidak saling membatalkan. Ia menyebut kenyataan antinomy yang tidak mudah itu seringkali menjadi lubang jebakan dan membuat pikiran penafsir tersesat.[53] Anthony A. Hoekema melihat kenyataan seperti ini bukan sebagai elemen-elemen yang beroposisi, melainkan sebagai dimensi-dimensi yang berbeda tentang satu hal.[54]

Spirit Kebebasan Dalam Baptis

Menurut Ichwei G. Indra spirit ini menjadi salah satu factor tumpu terjadinya bias yang tidak seragam bahkan kontradiksi dalam konsep doctrinal (termasuk konsep keselamatan) di kalangan Baptis. Ia mengungkapkan bahwasanya,

Berdasarkan tekanan Baptis yang bersejarah tentang kebebasan jiwa dan kesadaran akan kebebasan, tidaklah heran untuk menemukan keanekaragaman teologi dan praktik di kalangan Baptis baik di masa lalu maupun di masa sekarang. Hal itu tidak berarti tidak ada pengakuan yang sama terhadap keyakinan-keyakinan tertentu. Apabila kesatuan sebagai umat Baptis hendak diperdalam dan pemahaman bersama hendak ditingkatkan, maka sepatutnyalah perbedaan-perbedaan secara jujur.[55]


BAB IV

PENUTUP

Titik-titik pokok pergumulan dalam konsep keselamatan Baptis hingga dewasa ini terutama terkait dalam dialektika tarik-menarik dalam ruang antara doktrin Calvinisme dan Arminianisme. Beberapa kalangan mencoba mengungkapkan keadaan ini sebagai untaian panjang beragam yang merangkai ragam corak teologi yang berbeda – bahkan saling berkontradiksi dalam satu rumah Baptis. Hal mana menyebabkan konsep keselamatan dalam Baptis berayun dalam range tangga nada yang cukup luas dalam keragaman, kadang juga tidak saling bertemu. Beberapa kalanagan menyebutnya sebagai “gamut”. Menariknya dengan apa yang terjadi di kalangan Baptis ini adalah bahwa hal itu terjadi terutama dalam tingkat dibawah konvensi atau pengakuan iman, sedangkan dalam level asas pokok dasar, sebenarnya mereka disatukan dalam elemen-elemen dasar Ortodoksi.

Identifikasi terhadap titik-titik pokok pergumulan tersebut menemukan tidak lima pergumulan dasar berkenaan konsep keselamatan, diantaranya: dalam hal Predestinasi/ penetapan Allah sebelumnya bagi keselamatan manusia; Kedaulatan Allah dan tanggung jawab manusia; Penebusan terbatas Vs pandangan mengenai keselamatan untuk semua orang; Kehendak bebas; ketekunan orang kudus dan jaminan keselamatan yang kekal.

Sedangkan analisis material terhadap situasi pergumulan konsep keselamatan Baptis ini menemukan paling tidak terdapat lima factor utama yang menjadi titik tumpu pergumulan diantaranya: titik tumpu pada dua kutub besar aliran teologi, yakni Calvinisme dan Arminianisme; pada ketiadaan kredo otoritatif; pada kenyataan tentang Alkitab yang tidak menyediakan konsep jadi; kenyataan mengenai Biblio paradoxical; dan berkaitan dengan spirit kebebasan dalam Baptis.

Sampai pada tahap ini, paper ini pada satu sisi merupakan pengenalan, identifikasi, dan pemahaman titik-titik pokok pergumulan konsep keselamatan dalam kalangan Baptis sampai pada tingkat analisis materi yang menjadi titik tumpu pergumulan. Studi lanjutan panjang lebar diperlukan untuk menindaklanjuti pergumulan ini dalam tataran lanjutan hingga pada tingkat implementasi maupun titik temu dan solusi-solusi.


DAFTAR KEPUSTAKAAN

Indra, Ichwei G.,

2008 Identitas Baptis: pengantar Kepada Doktrin Dan Teologi Baptis, (Surabaya: Pelayanan Mandiri Mikhael)

Smith, E. C.,

2009 Perkembangan Gereja-Gereja Baptis, (Yogyakarta: Pustaka Tharesia)

Cole, Charles W.,

1996 Pengakuan Iman Baptis 1689, (London: Carey Publication)

Tong, Stephen,

1994 Reformasi Dan Teologi Reformed, (Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia)

-----------------------

2005 Minit Konggres VIII Gabungan Gereja Baptis Indonesia, (Yogyakarta: Gabungan Gereja Baptis Indonesia)

-----------------------

2010 Salinan Minit Konggres IX Gabungan Gereja Baptis Indonesia, (Lembang: Gabungan gereja Baptis Indonesia )

Sherlin, Keith A.,

1689 Essential Christianity: electronic Journal of Theology, http:// www.essentialchristianity.com

Liauw, Suhento, Doktrin Keselamatan Alkitabiah, (Jakarta: GBIA Graphe),

Chriswell, W. A., (Ed. Eddy Peter Purwanto),

2006 Diselamatkan Oleh Anugerah: Soteriologi, (Dallas: The W. A. Chriswell Foundation)

Marantika, Chris,

2007 Doktrin Keselamatan Dan Kehidupan Rohani, (Yogyakarta: Iman Press)

Indra, Ichwei G.,

2010 Teologi Sistematis, (Bandung: Lembaga Literatur Baptis)

Berkhof, Louis,

1993 Teologi Sistematika Volume I: Doktrin Allah, (Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia)

Fickett Jr, Harold L.,

1992 Kepercayaan Kaum Baptis; Suatu Pedoman, (Michigan: Zondervan Publishing House)

Kelley Jr., Charles S.,

1993 How Did They Do It: The Story of Southern Baptist Evangelism (n.p.: Insight Press)

Packer, J. I.,

2003 Evangelism And The Sovereignty Of God, (Surabaya: Penerbit Momentum)

Hoekema, Anthony A.,

2006 Diselamatkan Oleh Anugerah, (Surabaya: Penerbit Momentum)

Sebuah ulasan mengenai “Keyakinan dan Praktek Baptis” dalam http://www. religionfacts.com/ christianity/denominations/baptists.htm

Published by the American Baptist Publication Society, Philadelphia dalam http:// www. essentialchristianity.com

www.theologyforums.org

http://www. essentialchristianity.com

www.in-christ.net/blog

www.sbc.net



[1] Ichwei G. Indra, Identitas Baptis: pengantar Kepada Doktrin Dan Teologi Baptis, (Surabaya: Pelayanan Mandiri Mikhael, 2008), 4.

[2] E. C. Smith, Perkembangan Gereja-Gereja Baptis, (Yogyakarta: Pustaka Tharesia, 2009), 58.

[3] Ibid, 58-64.

[4] Ichwei G. Indra, Identitas Baptis: pengantar Kepada Doktrin Dan Teologi Baptis, (Surabaya: Pelayanan Mandiri Mikhael, 2008), 39, 40.

[5] Ichwei G. Indra, Identitas Baptis: pengantar Kepada Doktrin Dan Teologi Baptis, (Surabaya: Pelayanan Mandiri Mikhael, 2008), 9.

[6] Ichwei G. Indra, Identitas Baptis: pengantar Kepada Doktrin Dan Teologi Baptis, (Surabaya: Pelayanan Mandiri Mikhael, 2008), 39, 40.

[7] Charles W. Cole, Pengakuan Iman Baptis 1689, (London: Carey Publication, 1996), 3

[8] Ibid, 4.

[9] Stephen Tong, Reformasi Dan Teologi Reformed, (Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1994), 73, 74.

[10] www.theologyforums.org

[11] “gamut” adalah gambaran ranah,ruang,range sebuah sikap yang lebih bersifat meliputi dan merangkai keduanya /semuanya, atau mencakupi keduanya, daripada membuat batasan yang tegas antara satu dengan lainnya atau menempatkan diri pada salah satu di antaranya. Dengan ini, “gamut” dalam konsep keselamatan dalam kasus-kasus yang terjadi dalam tubuh umat Baptis berusaha menggambarkan situasi doctrinal dalam konsep keselamatan yang bergerak sekaligus - baik dalam ranah corak Calvinis dan Arminianis sekaligus.

[12] Sebuah ulasan mengenai “Keyakinan dan Praktek Baptis” dalam http://www. religionfacts.com/ christianity/denominations/baptists.htm

[13] Diunduh dari http://www. essentialchristianity.com

[14] Published by the American Baptist Publication Society, Philadelphia. Diunduh dari http:// www. essentialchristianity.com

[15] Diunduh dari http://www. essentialchristianity.com

[16] Baptist Faith and Message merupakan revisi dan perluasan dari New Hampshire Confession pada tahun 1925, merupakan doktrin Baptis yang diterima oleh konvensi Baptis Selatan. Mengalami revisi beberapa kali, termasuk tahun 1963, dan juga tahun 2000. Lihat: www.sbc.net; Ichwei G. Indra, Identitas Baptis: pengantar Kepada Doktrin Dan Teologi Baptis, (Surabaya: Pelayanan Mandiri Mikhael, 2008),40.

[17] Salinan Minit Konggres IX Gabungan Gereja Baptis Indonesia, (Lembang: Gabungan gereja Baptis Indonesia, 2010), 439, 444-446. Lihat juga: Minit Konggres VIII Gabungan Gereja Baptis Indonesia, (Yogyakarta: Gabungan Gereja Baptis Indonesia, 2005), 430, 431.

[18] Ichwei G. Indra, Identitas Baptis: pengantar Kepada Doktrin Dan Teologi Baptis, (Surabaya: Pelayanan Mandiri Mikhael, 2008), 9.

[19] Keith A. Sherlin, Essential Christianity: electronic Journal of Theology, http:// www.essentialchristianity.com

[20] Charles W. Cole, Pengakuan Iman Baptis 1689, (London: Carey Publication, 1996),10, 11.

[21] www.theologyforums.org

[22] Suhento Liauw, Doktrin Keselamatan Alkitabiah, (Jakarta: GBIA Graphe), www.in-christ.net/blog

[23] Ibid.

[24] W. A. Chriswell, Ed. Eddy Peter Purwanto, Diselamatkan Oleh Anugerah: Soteriologi, (Dallas: The W. A. Chriswell Foundation, 2006), 63, 64, 77-79.

[25] Chris Marantika, Doktrin Keselamatan Dan Kehidupan Rohani, (Yogyakarta: Iman Press, 2007), 42, 43.

[26] Ichwei G. Indra, Teologi Sistematis, (Bandung: Lembaga Literatur Baptis, 2010), 164.

[27] Louis Berkhof, Teologi Sistematika Volume I: Doktrin Allah, (Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia), 197, 198.

[28] Ibid, 198.

[29] Suhento Liauw, Doktrin Keselamatan Alkitabiah, (Jakarta: GBIA Graphe), www.in-christ.net/blog

[30] Ichwei G. Indra, Teologi Sistematis, (Bandung: Lembaga Literatur Baptis, 2010), 164.

[31] Ibid.

[32] W. A. Chriswell, Ed. Eddy Peter Purwanto, Diselamatkan Oleh Anugerah: Soteriologi, (Dallas: The W. A. Chriswell Foundation, 2006),72, 73.

[33] Harold L. Fickett, Jr., Kepercayaan Kaum Baptis; Suatu Pedoman, (Michigan: Zondervan Publishing House, 1992), 22,23.

[34]Keith A. Sherlin, Essential Christianity: electronic Journal of Theology, http:// www.essentialchristianity.com

[35] Charles S. Kelley Jr., How Did They Do It: The Story of Southern Baptist Evangelism (n.p.: Insight Press, 1993), 21.

[36] Ichwei G. Indra, Identitas Baptis: pengantar Kepada Doktrin Dan Teologi Baptis, (Surabaya: Pelayanan Mandiri Mikhael, 2008), 10.

[38] Suhento Liauw, Doktrin Keselamatan Alkitabiah, (Jakarta: GBIA Graphe), www.in-christ.net/blog

[39] Ichwei G. Indra, Teologi Sistematis, (Bandung: Lembaga Literatur Baptis, 2010), 164.

[40] W. A. Chriswell, Ed. Eddy Peter Purwanto, Diselamatkan Oleh Anugerah: Soteriologi, (Dallas: The W. A. Chriswell Foundation, 2006),76-83.

[41] J. I. Packer, Evangelism And The Sovereignty Of God, (Surabaya: Penerbit Momentum, 2003), 82, 83.

[42] Ichwei G. Indra, Teologi Sistematis, (Bandung: Lembaga Literatur Baptis, 2010), 164.

[43] Harold L. Fickett, Jr., Kepercayaan Kaum Baptis; Suatu Pedoman, (Michigan: Zondervan Publishing House, 1992), 27.

[45] Keith A. Sherlin, Essential Christianity: electronic Journal of Theology, http:// www. essentialchristianity.com

[46] Charles W. Cole, Pengakuan Iman Baptis 1689, (London: Carey Publication, 1996),10, 11.21, 26, 27.

[48] Ichwei G. Indra, Teologi Sistematis, (Bandung: Lembaga Literatur Baptis, 2010), 164.

[49] Harold L. Fickett, Jr., Kepercayaan Kaum Baptis; Suatu Pedoman, (Michigan: Zondervan Publishing House, 1992), 133-152.

[50] W. A. Chriswell, Ed. Eddy Peter Purwanto, Diselamatkan Oleh Anugerah: Soteriologi, (Dallas: The W. A. Chriswell Foundation, 2006),66.

[51] Salinan Minit Konggres IX Gabungan Gereja Baptis Indonesia, (Lembang: Gabungan gereja Baptis Indonesia, 2010), 445.

[52] W. A. Chriswell, Ed. Eddy Peter Purwanto, Diselamatkan Oleh Anugerah: Soteriologi, (Dallas: The W. A. Chriswell Foundation, 2006), 72, 73.

[53] J. I. Packer, Evangelism And The Sovereignty Of God, (Surabaya: Penerbit Momentum, 2003),

9-24.

[54] Anthony A. Hoekema, Diselamatkan Oleh Anugerah, (Surabaya: Penerbit Momentum, 2006), 11-18.

[55] Ichwei G. Indra, Identitas Baptis: pengantar Kepada Doktrin Dan Teologi Baptis, (Surabaya: Pelayanan Mandiri Mikhael, 2008), 11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar